Sabtu, 05 Januari 2013

TIDAK BOLEH SOMBONG

OLEH: TRISAKTI LORINA SARI

Pagi yang cerah di hari minggu anak-anak desa Sindurjan berkumpul di lapangan untuk bermain bersama. Adi, Resa, Titin, Dea berkumpul melingkar mereka tidak bermain dengan anak-anak lain mereka sedang belajar kelompok di bawah pohon yang rindang karena sebentar lagi ulangan umum kenaikan kelas lima akan segera tiba. Adi anak yang paling cerdas di kelas empat, dia selalu juara kelas dan nilai ulangannya bagus-bagus. Tiba-tiba datang Agus mendekati mereka dan ingin belajar bersama. Agus adalah anak baru di desa Sindurjan sekaligus murid baru di sekolah Adi. Awal semester satu samapai sekarang Adi tidak suka dengan Agus karena Agus selalu mendapatkan nilai yang bagus-bagus juga seperti Adi. Ngapain kamu kesini, pergi sana aku gak mau belajar bareng kamu, karena aku lebih pintar daripada kamu dan pasti aku akan dapat juara kelas lagi, kamu gak mungkin bisa ngalahin aku, bentak Adi kepada Agus. Aku tak bermaksud apa-apa, aku hanya ingin ikut belajar bersama tidak ada niat buat ngalahin kamu, jawab Agus. Dah sana pergi saja aku gak suka kamu disisni, bentak Adi. Akhirnya Agus pun pergi. Adi, kenapa kamu bersikap seperti itu kepada Agus, dia kan hanya ingin belajar bersama, dia juga anak yang baik, nasihat teman-temannya. Ah, aku tidak suka dengan dia karena dia selalu saja menandingi aku, pokoknya pasti besuk aku tetap jadi juara kelas, kata Adi. Akhirnya ujian kenaikan kelas pun telah selesai mereka lalu, hari sabtu ini adalah penerimaan rapot, dengan sombongnya Adi bilang pada semua anak bahwa dia pasti juara kelas lagi, Tapi ternyata setelah rapot dibagikan dan juara kelas diumumkan oleh Guru, yang memperoleh juara kelas adalah Agus sedangkan Adi mendapat peringkat dua. Betapa malu dan sedihnya Adi, dia merasa menyesal telah sombong pada teman-temannnya, Adi meminta maaf pada teman-temannya dan Agus karena telah sombong, Agus dan teman-teman Adi memaafkannya dan mereka memberi nasihat bahwa setiap orang tidak boleh sombong, karena kesombongan itu tidak baik, jika ada yang pintar pasti ada yang lebih pintar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar