Minggu, 20 Oktober 2013

MATERI DAN LATIHAN SOAL PKN SD KELAS III

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK KELAS III SD
MENGENALKAN NILAI-NILAI SUMPAH PEMUDA
Materi
A.     Peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928
Sumpah pemuda adalah janji atau ikrar yang diucapkan oleh para pemuda Indonesia ketika jaman penjajahan, jadi Indonesia belum meredeka dan masih dijajah oleh Belanda. Hari Sumpah pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober dan tentu dengan diadakannya upacara bendera. Ikrar atau janji yang diucapkan oleh para pemuda Indonesia berbunyi seperti berikut ini:
  1. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
  2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
  3.  Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan,bahasa Indonesia
Para pemuda Indonesia mengikrarkan sumpah atau janji tersebut karena mereka menyadari bahwa perjuangan pemuda Indonesia melawan penjajah sepertiPangeran Antasari, Sisingamaraja, Cut Nyak Dien, dan pemuda Indonesia yang lain belum berhasil dan disebabkan perjuangan mereka masih bersifat kedaerahan dan belum terorganisasi. Sehingga mereka membentuk organisasi pemuda sebagai wadah perjuangan mereka. Organisasi kepemudaan pertama kali adlah Trikoro Darmo yang berdiri tahun 1915 yang kemudian berganti nama menjadi Jong Java karena berasal dari Jawa. Berdirinya Jong Java ini lalu mendorong pemuda lain untuk mendirikan organisasi pemuda. Organisasi pemuda lain yang terbentuk antara lain Jong Sumatranen Bond, Jong Ambon, Jong Minahasa, Jong Celebes. Pada tahun 1926 berdirilah PPPI (Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia), dan mereka berhasil mengadakan kongres Pemuda yang akhirnya mencetuskan ikrar atau janji yang diucapkan oleh para pemuda Indonesia yaitu tepatnya pada tanggal 28 Oktober tahun 1928 saat diadakannya kongres pemuda II.

B.     Nilai-nilai Sumpah Pemuda
Nilai-nilai luhur yang dapat kita terima dari peristiwa sumpah pemuda 28 Oktober 1928 yaitu sebagai berikut:
1.     Mementingkan Rasa Persatuan
Para Pemuda Indonesia yakin bahwa persatuan dalam perjuangan melawan penjajah itu akan berhasil. Jadi dari peristiwa sumpah pemuda kita memahami akan pentingnya persatuan karena dengan persatuan tentu tugas yang berat sekalipun pasti dapat dilaksanakan.
2.     Mengutamakan Kepentingan Bersama
Pemuda Indonesia dengan organisasi yang mereka bentuk tidak mengutamakan kepentingan daerah dan golongannya melainkan lebih mementingkan agar Indonesia dapat bersatu. Jadi nilai luhur yang dapat kita ambil yaitu kebersamaan dalam mengerjakan sesuatu akan lebih ringan misalnya saja ketika kegiatan kerja bakti jika dilakukan bersama tentu akan cepat selesai dan hasilnya akan bersih.
3.     Cinta Bangsa dan Tanah Air
Belajar dari perjuangan para pemuda Indonesia mereka dapat membuktikan rasa cinta tanah air Indonesia demi berjuang bersatunya pemuda Indonesia untuk melawan penjajah. Kita hendaknya sebagai generasi penerus bangsa haruslah mengikuti contoh tersebut dan kita saat ini dapat meenunjukka rasa cinta tanah air yaitu dengan memakai produk dalam negeri, dan menjaga lingkungan.
4.     Keberanian
Para pemuda Indonesia telah berani mencetuskan janji mereka dengan sumpah pemuda tanggal 28 oktober 1991, mereka tak takut pada penjajah Belanda demi kebenaran membela Indonesia. Sekarang ini kita juga dsapat melakukan hal tersebut dengan tidak takut membela kebenaran seperti melerai teman yang sedang berkelahi.
5.     Menerima dan Menghargai Perbedaan
Pada organisasi pemuda jaman dahulu berasal dari berbagai daerah di Indonesia akan tetapi mereka dapat menghargai dan menerima perbedaan satu sama lain. Jadi hal yang patut diteladani yaitu kita juga harus dapat menerima dang menghargai perbedaan antar teman di rumah, masyarakat, maupun di sekolah.



Sumber: BSE Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas III SD, pengarang: Winarno, Suhartatik. Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional Tahun 2010.




LATIHAN SOAL DAN PEMBAHASAN
Kerjakan soal di bawah ini dengan benar!
  1. Sumpah pemuda adalah...
  2. Sumpah pemuda diikrarkan oleh para pemuda pada tanggal...tahun...
  3.  Organisasi pemuda pertama kali yaitu...yang berdiri tahun...
  4.  Isi Sumpah pemuda adalah... 
  5. Organisasi pemuda yang terbentuk setelah Jong Java yaitu...
  6.  Nilai luhur dari peristiwa sumpah pemuda yaitu...
  7. Sikap cinta tanah air dan bangsa dapat dilakukan dengan...
  8. Sikap keberanian dapat diwujudkan dengan contoh...
  9. Kita harus mementingkan kebersamaan karena...
  10. Kita harus mementingkan nilai persatuan karena...
Jawaban:
  1. Janji atau ikrar yang diucapkan para pemuda Indonesia ketika jaman penjajahan
  2. 28 Oktober 1928
  3. Trikoro Darmo tahun 1915
  4. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia,Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia,Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan,bahasa Indonesia
  5. Jong Sumatranen Bond, Jong Ambon, Jong Minahasa, Jong Celebes.
  6.  Mementingkan rasa persatuan, Keberanian, mengutamakan kepentingan bersama, Cinta bangsa dan tanah air, menerima dan mengharga perbedaan
  7.  Mencintai produk dalam negeri dan memelihara lingklungan dengan baik
  8. Berani membela kebenaran seperti melerai teman yang sedang berkelahi
  9.   Semua tugas yang dikerjakan secara bersama-sama tentu akan lebih cepat selesai dan hasilnya pun akan baik.
  10. Nilai persatuan itu penting bagi rakyat Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar